Hukum Nasional

Polsek Jatinegara Bina Seniman Jalanan Indonesia

Bagikan Wawasan Anda

JAKARTA, DhipaAdistaNews – Disaat jam macet yang menjadi bagian rutin dari keseharian masyarakat urban di Jakarta yang melintas kawasan perempatan cawang Otista-Dewi Sartika, suguhan penampilan pengamen yang menggunakan biola yang diperkuat oleh sound system, sudah cukup akrab di mata dan telinga para pelintas persimpangan tersebut.

Kompol Yusup (No 3 dari kiri), R Astrid Esther (No 4 dari kiri), Vodka Bayu (No 5 dari kiri)

Vodka Bayu yang akrab disapa Oka, Ketua Harian Yayasan Seniman Jalanan Indonesia sekaligus pengamen tersebut diatas menjelaskan bahwa kegiatannya mengamen tersebut justru malah didukung oleh Polsek Jatinegara yang berada di perempatan tempatnya mengamen.

“Kami ini sangat didukung oleh Pak Kapolsek. Problem utama kami adalah dikejar aparat ketika bermain di tempat umum. Tapi pak Kapolsek memberi ruang dan kepercayaan kepada kami termasuk untuk menjaga ketertiban anak-anak (pengamen).” Ujar Oka

Selaras dengan statement dari Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma, SH ketika hadir di acara BHAYANGKARA MURAL FESTIVAL 2021 yang baru lalu, di Lapangan Bhayangkara di Bilangan Kebayoran Baru Jakarta Selatan untuk mengawal Tim Seniman Jalanan Indonesia atau yang biasa disebut SJI, yang pada hari itu hadir di acara sebagai pengisi, atas rekomendasi Polsek Jatinegara.

Kompol Yusup Suhadma, SH

Pada hari itu, Seniman Jalanan Indonesia tampil di acara tersebut atas arahan Polres Jakarta Timur, dibawah komando Kombes Erwin Kurniawan, S.I.K., S.H., M.Hum melalui Polsek Jatinegara, mengingat wilayah pergerakan Seniman Jalanan Indonesia berada di wilayah Jakarta Timur.

 Kombes Erwin Kurniawan, S.I.K., S.H., M.Hum

“Kami dari Polsek Jatinegara sudah cukup lama membina mereka (pengamen jalanan), dan tidak hanya dalam hal memberi ruang untuk mereka mengamen, namun kehadiran mereka di lingkungan Polsek Jatinegara juga sangat membantu kerja Polsek Jatinegara dalam hal kamtibmas.” ujar Kompol Yusup.

Para pengamen yang tergabung di SJI tersebut diakomodasi oleh Polsek Jatinegara, selali untuk mengamen secara tertib dan santun, ternyata oleh Polsek Jatinegara mereka dibina sesuai dengan situasi dan kondisi yang berlaku di lingkungan Polsek yang cukup padat lalu lintasnya. Mereka juga diarahkan untuk membantu kelancaran lalu lintas seperti rombongan VIP yang melintas, penumpukan arus kendaraan, hingga kejadian-kejadian yang kadang muncul diluar prediksi seperti tabrak lari, pencopetan dan lain-lain.

“Kita tidak pernah tahu masa depan mereka akan menjadi apa. Kami sebagai pengayom masyarakat tentunya mendidik mereka melalui nilai-nilai kebaikan, sehingga mereka mempunyai bekal untuk menghadapi perjalanan mereka menuju masa depan yang lebih baik.” Imbuh Kompol Yusup menjelaskan.

Senada dengan yang disampaikan oleh R Astrid Esther sebagai Ketua Umum Yayasan Seniman Jalanan Indonesia, bahwa dukungan dari Polsek Jatinegara ini sangat berarti bagi para Seniman Jalanan yang tergabung di SJI.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada jajaran Polsek Jatinegara, khususnya kepada Bapak Kapolsek, Kompol Yusup, dimana beliau dan para anggotanya sangat mengakomodir kebutuhan para seniman yang mencari nafkah di jalanan, namun tetap memberikan edukasi serta mengarahkan mereka dengan hal baik yang berguna bagi kehidupan mereka kini dan masa depan.” Pungkas Astrid. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *