Headline Nasional Tekno Tren

Rully Rahadian : Indonesia Harus Siap Dengan Infrastruktur Digital Untuk Mengantisipasi Situasi Pandemi Covid 19

Bagikan Wawasan Anda

JAKARTA, DhipaAdistaNews, Dalam Situasi Pandemi Covid 19 ini, tidak ada pilihan dalam menjalankan kegiatan keseharian yang membutuhkan tatap muka dan pekerjaan padat SDM selain Infrastruktur Digital. Sejalan dengan pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bahwa percepatan pembangunan infrastruktur digital menjadi salah satu prioritas yang dikejar pada 2022. Hal itu guna menghadirkan layanan digital merata dan mendukung transformasi digital sesuai program Pemerintah Pusat.

Memasuki era revolusi industri 4.0, pembangunan teknologi informasi dan komunikasi menjelma menjadi hal yang sangat krusial. Digitalisasi dianggap sebagai kunci untuk memenangkan persaingan global.  Hal ini berdampak pada meningkatnya populasi dunia maya (cyber space) sebagai konsekuensi logis dari adanya penggunaan akses internet yang semakin masif.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah cara kerja, beraktivitas, belajar, hingga bertransaksi menjadi serba online. Pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa fungsi dan ketersediaan infrastruktur digital menjadi sangat krusial.” Ujar Rully Rahadian yang kami wawancara via telepon seluler.

Pemerhati Budaya dan Assymetric Warfare atau Perang Asimetris ini berpendapat bahwa Pandemi Covid-19 telah merubah perilaku dan pola pikir masyarakat serta momentum untuk melakukan transformasi digital di setiap lini kehidupan.

“Pembatasan interaksi sosial dianggap sebagai upaya pencegahan terbaik dalam upaya flatenning the curve atau menekan laju penyebaran Covid-19. Untuk itu masyarakat diimbau untuk belajar, beribadah, dan bekerja dari rumah. Tentunya hal itu tidak mungkin bisa dilaksanakan jika infrastruktur Digital tidak mendukung” Tegas pria yang berlatar belakang pendidikan di Institut Teknologi Bandung angkatan 1989 ini.

“Tentunya kita harus melihat dari berbagai perspektif akibat adanya Pendemi Covid-19 ini. Situasi yang terjadi telah menghadirkan realitas baru, yakni semakin masifnya dunia digital. Interaksi yang semula dilakukan secara tatap muka, kini telah mengalami pergeseran paradigma. Tentunya perkembangan digitalisasi di Indonesia yang semakin masif harus dibarengi pula dengan ketersediaan infrastruktur nasional yang memadai.” Imbuh Rully menekankan lagi bahwa pentingnya optimalisasi Infrastruktur Digital secara terintegrasi dan bersifat nasional di Indonesia.

“Dalam hal ini pemerintah tidak boleh tanggung-tanggung dalam membangun infrastruktur Digital Nasional, karena ke depan, kita membutuhkan sistem Digital yang terintegrasi, memiliki jejaring yang solid dan kuat antar lembaga negara termasuk TNI-Polri, serta lembaga-lembaga lainnya yang bisa bekerja secara sinergis, sekaligus memiliki sistem rantai yang rapat dan tidak mudah diretas. Data-data tersebut harus tertata dalam sistem Peladen atau Server sebagai kesatuan Big Data yang mudah dan cepat diakses, namun tidak bisa diretas oleh pihak yang tidak berkepentingan.” Pungkas Rully (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *