Headline Nasional

Sejumlah Tokoh Jurnalis Senior Hadir di Acara Pelantikan Pengurus MIO

Bagikan Wawasan Anda

JAKARTA, DhipaAdistaNews – Sejumlah tokoh Jurnalis Senior hadir di acara pelantikan pengurus Media Independen Online Indonesia di Hotel Best Western Plus Kemayoran, Jakarta Pusat 29 Januari 2021.

Selain kehadiran secara fisik, acara pelantikan tersebut didukung hadirnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. A Riza Patria, Ketua Dewan Pembina MIO Bpk Prof. Dr. Budiharjo, Bpk Drs. Wiryanta, MA, PhD, Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayan Kemenkominfo, Bpk Melkiades Laka Lena Anggota DPR RI Komisi IX, Bpk Prof Dr Widodo Muktiyo, Dirjen Informatika dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, dan tentunya dari Dewan Pers ada Bpk Ahmad Jauhar Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers yang menyampaikan sambutannya secara daring.

Para tokoh yang hadir tersebut adalah Bpk Lasman Siahaan SH, MH Ketua Umum. IPJI atau Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia, Bpk Yoseph Hutabarat SH, MH Wakil Ketua Umum IPJI, dan Bpk Taufik Rahman mantan Ketua Umum IPJI

Selain itu hadir pula tiga Pembina MIO yaitu Dr Anto Suroto, Pakar UMKM Nasional, Mayjen TNI (Purn) Asep Kuswani, SH, MSi Han, mantan Staf Ahli Mabes TNI bidang Bantuan Kemanusiaan, dan Ir. Indra Setiawan mantan Direktur Utama Maskapai Garuda Indonesia.

Keenam tokoh tersebut tampak akrab dalam perbincangan Bersama di deretan terdepan para hadirin, meskipun dalam situasi yang terbatas mengingat protokol kesehatan yang diwajibkan oleh pemerintah.

Mereka tampak larut dalam kekhidmatan acara yang dikemas secara hybrid baik pertemuan fisik dengan protokol Kesehatan, maupun daring. Keakraban diantara para tokoh Jurnalis, Pembina dan Pengurus yang sedang mengikuti prosesi pelantikannya terasa sangat akrab dalam keterbatasan situasi.

Pengurus yang hadir saat itu antara lain AYS Prayogie selaku Ketua Umum, M. Junaid Kamarudin selaku Sekretaris Jenderal, R. Astrid Esther Selaku Bendahara Umum, Rully Rahadian selaku Ketua Bidang Eksternal, Hadi Selaku Ketua Bidang Hukum dan advokasi, Serta Harun ST selaku Ketua Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya. Ditambah lagi sejumlah jajaran fungsional dibawah komando para ketua divisi dengan para anggotanya.

Acara yang ditata oleh Ketua Panitia Franz Watu berjalan dengan lancar dan tertib sesuai rencana dan tetap berpedoman pada protocol Kesehatan hingga pukul 18.00.

Jurnalis Dhipa Adista News yang mengikuti acara ini sejak awal melihat bahwa adanya warna yang berbeda di organisasi MIO dibanding organisasi bidang pers lainnya. Dengan adanya Pembina-pembina yang hadir dalam pola organisasi MIO yang beragam latar belakang seperti pengusaha, militer, birokrat dan yang lainnya, dan termasuk wajah baru dalam dunia pers terlihat cukup menjanjikan bagi masa depan MIO.

Hal penting yang terlihat menarik adalah kerendahan hati para tokoh Jurnalis yang hadir, terlihat sangat mendukung pergerakan MIO. Mereka terlihat sangat aktif dan bersemangat dalam acara tersebut, dan tanpa berbicarapun, sikap mereka terasa sangat supportif terhadap apa yang dilakukan para junior penerusnya, dalam menegakkan nilai-nilai kebenaran dan transparansi berita yang harus diusung media-media online tanah air agar menghasilkan berita-berita yang mencerdaskan masyarakat tanpa adanya pembentukan opini yang salah apalagi berita bohong atau hoax. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *