Ekonomi Kepemimpinan Nasional

GOOD OCEAN GOVERNANCE SEBAGAI SOLUSI OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBERDAYA KELAUTAN INDONESIA

Bagikan Wawasan Anda

Oleh Rully Rahadian

JAKARTA, DhipaadistaNews – Dimulai pada pemerintah Republik Indonesia membangun periode 1955-1961, laut sudah menjadi pusat perhatian pemerintah dengan ditetapkannya Rencana Pembangunan Nasional (Semesta).

Perjalanan panjang bangsa menggiring konsep kelautan bangsa, hingga pada era pemerintahan Presiden Abdulrachman Wahid mulai dibentuk Departemen Kelautan dan Perikanan.
Meskipun perjalanan panjang melalui perubahan kebijakan yang dinamis, hasil yang diperoleh sangat kurang dibanding dengan potensi yang ada.

Suka tidak suka, mau tidak mau, Indonesia kini harus fokus secara serius kepada lautnya, sekaligus melakukan konservasi terhadap sumber-sumber daya alam di laut seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju.

Tugas pemerintah sekarang adalah menyelenggarakan dan menjalankan Good Governance, dimana pemerintah berorientasi kepada pelayanan publik, termasuk mengakomodir Ocean Governance di dalamnya yang berupa pelayanan publik di wilayah Coastal (pesisir) dan Ocean (lautan).

Konsep Ocean Governance ini juga harus diperkuat dengan jiwa Reinventing Government, dimana pemerintah mulai mengurangi keterlibatannya dan mendukung pasar yang bekerja secara mandiri dan optimal, dimana terjadi pembagian peran pemerintah melakukan steering (mengendalikan dan mengelola), dan masyarakat melakuakan rowing (menjalankan), sehingga secara bertahap terjadi pergeseran beban dari pemerintah kepada swadaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya terhadap Public Utilities seperti sarana transportasi, pembangkit tenaga listrik, jalan, penyediaan air bersih dan lain sebagainya.

Secara simultan, energi pemerintah dapat dialihkan kepada wilayah-wilayah yang pasarnya tidak dapat diandalkan, sambil terus membimbing wilayah tersebut menjadi wilayah mandiri.

Indonesia yang sangat kaya potensi laut masih sangat minim dalam penanganan wilayah laut dan pesisirnya, apalagi dengan menerapkan Ocean Governance dalam pola Good Governance di daerah masing-masing, khususnya daerah yang berbasis geografis pesisir dan laut.

Disinilah dibutuhkan visi pemimpin wilayah di Indonesia yang paham terhadap konsep kelautan Indonesia yang berbasis masyarakat bahari, serta berwawasan kemaritiman.

Sudah saatnya Indonésia bangkit kekuatan kemaritimannya. Jangan pernah Meninggalkan Sejarah, karena sejarah menjadi bukti kejayaan bangsa ini di lautan.

Penulis adalah pemerhati dan praktisi kelautan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *