Headline Kepemimpinan Nasional News

Presiden Pastikan Pelayanan Pemerintahan Sulbar Kembali Normal

Bagikan Wawasan Anda

Mamuju, Dhipa adista —  Presiden Jokowi tiba hari ini di Mamuju dan langsung meninju kantor Gubernur Sulbar yang ambruk karena gempa. Selanjutnya Jokowi juga meninjau pusat pengungsian di Stadion Manakarra, Kelurahan Rimuku, Mamuju Kota.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan perbaikan rumah tersebut terbagi menjadi 3 kategori.

“Untuk yang rusak berat Rp 50 juta, untuk rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan yang hanya retak-retak Rp 10 juta,” kata Jokowi saat meninjau pusat pengungsian di Stadion Manakarra, Kelurahan Rimuku, Mamuju Kota, Sulbar, Selasa (19/1/2021).

Tidak hanya rumah-rumah korban gempa, gedung-gedung pemerintahan yang ambruk juga akan segera diaudit dan diperbaiki.

“Dan tadi saya sudah sampaikan kepada Gubernur untuk gedung pemerintah setelah diaudit nanti segera dibangun kembali,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, bahwa pemerintah akan segera membangun kembali gedung pemerintahan yang rusak akibat gempa supaya proses pelayanan di pemerintahan kembali berjalan normal.

“Kemudian proses pelayanan di pemerintahan juga akan kembali normal,” tambahnya.

Jokowi meninjau kedua titik tersebut dengan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kepala BNPB Doni Monardo, hingga Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Dodo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *