Seni dan Desain

Pemahaman Tentang Seni Grafis

Bagikan Wawasan Anda

JAKARTA, DhipaAdistaNews – Pernahkah membaca komik atau bahkan membuat sketsa? Komik maupun sketsa merupakan contoh karya seni grafis. Tahukah apa itu seni grafis?

Pengertian seni grafis Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, seni grafis adalah karya seni berbentuk dua dimensi dibuat dengan teknik cetak (manual maupun digital) yang memungkinkan pelipatgandaan karya.

Seni grafis termasuk karya seni rupa dwimatra, dibuat untuk mencurahkan ide atau gagasan dan emosi seseorang. Seni grafis dibuat menggunakan teknik cetak sehingga memungkinkan pelipatgandaan karya tanpa menghilangkan orisinalitasnya.

Istilah grafis dalam bahasa Inggris adalah graph atau graphic yang berarti dapat membuat tulisan atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores. Dikutip dari Art Encyclopedia, istilah graphic adalah turunan dari bahasa Jerman graphic yang aslinya dari bahasa Yunani graphikos.

Istilah ini biasanya menunjukkan bentuk-bentuk ekspresi visual yang bergantung pada efeknya pada garis (line) dan nada (tone atau disegno) bukan warna (colorito).

Seni grafis adalah proses artistik untuk menciptakan desain di mana orang menggunakan media seperti (karet atau plexiglas) dan mentransfer gambar ke suatu bahan (seperti kertas).

Menurut Encyclopaedia Britannica, seni grafis adalah kategori seni rupa tradisional, termasuk segala bentuk ekspresi artistik visual (misal lukisan, gambar, fotografi, seni grafis), biasanya diproduksi pada permukaan datar.

Desain dalam seni grafis meliputi tipografi, gambar asli, rencana dan pola untuk seni dekoratif (misal furnitur, permadani, keramik), interior dan arsitektur.

Ciri khas seni grafis Seni grafis merupakan cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. Biasanya hasil karya seni grafis di atas kertas. Kecuali pada teknik monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya dalam jumlah banyak. Inilah yang dinamakan dengan proses cetak.

Cetakan seni grafis dibuat di atas permukaan yang dinamakan dengan plat. Plat yang menjadi media cetakan ini meliputi papan kayu, plat logam, lembaran kaca akrilik, lembaran linolium atau batu litografi. Seni grafis lain disebut dengan senigrafi atau cetak saring (screen-printing) menggunakan lembaran kain berpori yang direntang pada sebuah kerangka.

Berikut ini perbedaannya: Seni grafis: Seni murni (pure art) Manual Orisinil ada batasan pengulangan karya Ada kebebasan dalam berkarya

Desain grafis: Seni pakai (applied art) Dengan bantuan mesin Dapat diulang berkali-kali sehingga dapat menghasilkan Dibuat berdasarkan pesanan (produk konsumtif) Contoh seni grafis Dikutip dari Art Encyclopedia, jenis seni grafis klasik utama adalah menggambar, meliputi: Kartun Karikatur Komik Animasi Gambar garis Sketsa (dengan pensil, arang, pena atau tinta)

Meskipun merupakan jenis seni visual, berdasarkan aplikasinya, karya seni grafis juga dapat diklasifikasikan sebagai: Seni terapan jika berorientasi desain Seni rupa jika berdiri sendiri (Red/Kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *