Nasional

Pejuang Islam Nusantara (PIN) Sumenep dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Banuaju Timur bekerjasama gelar Haul Gusdur Ke-11

Bagikan Wawasan Anda

SUMENEP – DhipaadistaNews – Pimpinan Cabang (PC) Pejuang Islam Nusantara (PIN) Sumenep bekerja sama dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Banuaju Timur gelar Haul Gusdur Ke-11 di Asta Syech Yusuf Gunung Pekol pada Kamis (14/1/2021) di Desa Banuaju Timur.

Turut hadir dalam kegiatan Kompolan Rutin Bulanan Malam Jum’at tersebut, KH A. Pandji Taufiq, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Kiai Muhsi Ibnu Mas’ud, Pengasuh Pondok Pesantren Paramaan, Kiai Tirmidzi Mas’ud Ketua PC PIN Sumenep, Pengurus Ranting NU Desa Banuaju Timur dan masyarakat sekitar.

Kiai Tirmidzi Mas’ud dalam sambutannya menceritakan beberapa kisah perjuangan para pendahulu dalam mendakwahkan Islam, yang mungkin dapat menjadi contoh betapa santunnya Sayyid Ja’far Shadiq, atau yang lebih dikenal Sunan Kudus, dalam menghormati kultur Kota Kudus kala itu yang mayoritas penduduknya beragama Hindu.

“Dalam menghormati pemeluk Agama Hindu, Sunan Kudus melarang pengikutnya menyembelih sapi karena bagi umat Hindu sapi adalah binatang yang disucikan. Maka setiap Idul Adha penduduk disana mengganti sapi dengan kerbau,” ungkap Ketua PC PIN Sumenep.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Islam Nusantara bukan agama baru, bukan ajaran yang ingin mengubah risalah yang sudah dibawah nabi, akan tetapi islam Nusantara merupakan Islam ahlussunah wal jama’ah yang diamalkan dan dikembangkan di bumi Nusantara.
Kemudian keberadaan PIN merupakan organisasi perjuangan yang memperjuangkan ahlussunah wal jama’ah dan mengamalkan ajarannya.

“PIN merupakan organisasi dibawah naungan Nahdlatul Ulama yang bergerak dalam perjuangan memperjuangkan Ahlussunah Wal Jama’ah dan mengamalkan ajalarannya. Meskipun organisasi ini masih belum di bawah badan otonom NU, akan tetapi organisasi ini sudah mendapat restu dari KH. Said aqil siraj selalu ketua Umum PBNU,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Al In’am Gapura tersebut.

Sejalan dengan itu, KH. A. Pandji Taufiq selaku Ketua PCNU Sumenep, menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap Keberadaan PIN di Sumenep. Bahkan beliau mendorong untuk segera membentuk kepengurusan anak cabang di berbagai kecamatan guna memperlebar sayap perjuangan Nahdlatul Ulama.

“Saya sangat mendukung organisasi Pejuang Islam Nusantara, kalau perlu segera bentuk Cabang-cabang di tingkat kecamatan. Karena Islam nusantara merupakan harapan kita untuk peradaban dunia” Tuturnya. (Red/RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *