Headline Nasional

Tim Dhipa Adista News Memantau Pencarian Korban dan Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Bagikan Wawasan Anda

JAKARTA, DhipaadistaNews – Tim pencarian korban Sriwijaya Air SJ 182 masih terus bekerja keras dalam upaya evakuasi kecelakaan pesawat tersebut di perairan Kepulauan Seribu.

Ada dua kapal terlihat disiagakan di tepi dermaga, yaitu KN SAR Basudewa milik Basarnas dan KTI Raden Eddy Martadinata milik TNI Angkatan Laut. Menurut papan informasi publik yang tertera di dekat lokasi pengumpulan temuan, fokus pencarian tim sesuai dengan area yang telah ditetapkan

Karena cuaca buruk, maka komando Basarnas menarik kembali tim yang sudah berada di tengah laut. Hingga siang hari (13/01/21) ombak diperkirakan setinggi 2 meter dengan pergerakan arus yang relatif tinggi, sehingga menyulitkan pencarian.

Tim Dhipa Adista News Rully Rahadian dan R Astrid Esther yang berada di lokasi Terminal JICT 2 Tanjung Priok, terus memantau perkembangan hingga sekitar pukul 18.30.

“Sektor udara fokus di tiga sektor,” tulis papan informasi resmi Basarnas.

Ketiga sektor itu meliputi sektor I, yakni ketinggian 1.000 kaki di area ditemukannya serpihan bangkai pesawat, sektor II di 1.500 kaki, dan sektor III di ketinggian 1.000 kaki. Sementara itu, evakuasi di area permukaan air difokuskan ke enam sektor dengan titik fokus pencarian garis pantai sejauh 25 nautical mil.

Sedangkan pencarian di bawah laut disebar di empat sektor menggunakan side scan sonar, Multibeam echosouder (MBES), ping locator, dan remotely operated underwater vehicle (ROV).

Penyelaman oleh tim pencari dilakukan di area ditemukannya body part, flight datarecorder atau FDR, dan serpihan pesawat. Pada pencarian hari keempat sebelumnya, tim gabungan telah menemukan kotak hitam atau black box berisi FDR.

FDR adalah rekaman data penerbangan. Tim pun kini tengah mencari bagian black box yang berupa cockpit voice recorder (CVT) atau percakapan dalam kokpit.

Beberapa saat sebelum Basarnas memberi laporan di hari ke lima tersebut, datang kapal kecil membawa sebuah kantong yang berisi body remain dan sebagian serpihan pesawat Sriwijaya Air hasil temuan di hari ke lima. Tim penyelam gabungan berhasil mendapatkan obyek pencarian dengan rincian : 2 kantong human body remain (potongan tubuh korban), 5 kantong serpihan kecil pesawat, dan 2 kantong potongan besar pesawat.(RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *