Tekno

Inovasi BUMD Pesawaran Dalam Produksi Pengawet Alami dari Air Laut

Bagikan Wawasan Anda

PESAWARAN, DAJNews – BUMD Pesawaran berkolaborasi dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lampung dan PT Golden Sari segera memproduksi pengawet alami dari air laut.

Direktur Utama BUMD Pesawaran, Ahmad Muslimin mengatakan, kerjasama ini dilakukan setelah dilakukan penelitian dan inovasi dalam proses pengolahan limbah berupa larutan ammoniak atau NH4OH di PT Golden Sari dengan ekstrasi air laut dan karbon dioksida.

“Riset dilakukan oleh rekan-rekan LIPI Provinsi pada 2020 lalu. Pengawet alami ini bisa untuk minuman dan makanan kemasan,” kata dia, Selasa (12/01).

Dia juga mengatakan, proyek ini telah diusulkan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek BRIN) RI, agar di produksi massal.

“Dengan harapan adanya produksi tersebut mampu untuk menyehatkan nusabangsa indonesia baik secara kesehatan fisik, kesehatan ekonomi dan kesehatan sosial yang prima,” ujar Ahmad Muslimin.

Sementara, lanjut dia, rencana produksi pengawet alami tersebut juga mendapat dukungan Bupati Pesawara, Dendi Ramadhona.

“Pemkab Pesawaran menyiapkan lahan seluas 1 Ha di desa Durian, Padangcermin untuk pabrikasi,” ungkapnya. (Red/Monologis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *